PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (SURVEY PADA UKM PANGAN DINAS PERINDAGTAMBEN KOTA PADANG)
Abstract
Kata Kunci :Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Perusahaan, Keunggulan Bersaing
Full Text:
PDFReferences
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar mempengaruhi Kinerja Perusahaan dan melihat pula apakah Keunggulan Bersaing berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel orientasi kewirausahaan (X1) dan Orientasi Pasar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Variabel Keunggulan Bersaing (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y) dengan tingkat signifikannya sebesar 0,002. Besarnya pengaruh Orientasi Kewirausahaan (X1) dan Orientasi Pasar (X2) terhadap Kinerja Perusahaan (Y) adalah 0,543 (R2 = 54,3). Berarti dapat diinterpretasikan bahwa variabel Keunggulan Bersaing (I0 memediasi secara parsial hubungan antara variabel Orientasi Kewirausahaan (X1) dan Orientasi Pasar (X2) terhadap Kinerja Perusahaan (Y).
Kata Kunci :Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Perusahaan, Keunggulan Bersaing
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v3i1.186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: