STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA KANTOR JASA PENILAI PUBLIK RIJA HUSAENI DAN REKAN

Rija Husaeni, Zulkifli Zulkifli, Derriawan Derriawan

Abstract


Dalam dekade sekarang, perusahaan besar dan kecil harus menerapkan teknologi khusus untuk perusahaan jasa penilai independen dalam mengetahui nilai aset yang ditentukan oleh pemegang saham. Tujuan penelitian ini secara khusus untuk menganalisis pengaruh kapabilitas organisasi, kapabilitas inovasi, dan customer relation management (CRM) terhadap keunggulan bersaing dan masing-masing faktor di atas terhadap kinerja bisnis dan merumuskan strategi bersaing untuk keberhasilan bisnis KJPP Rija Husaeni dan Rekan. Jenis penelitian ini termasuk dalam explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Jasa Penilai Publik Rija Husaeni dan Rekan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang mengharuskan responden memahami variabel yang diteliti. Jumlah sampel adalah 33 responden. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural yang diolah dengan bantuan aplikasi SmartPLS Versi 3.0. Kesimpulan penelitian meliputi: (1) kapabilitas organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis, (2) kapabilitas inovasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis, (3) kapabilitas manajemen hubungan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis. signifikan pada keunggulan kompetitif sementara. Namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, dan (4) keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Tahap pengambilan keputusan untuk mencapai keunggulan bersaing dan meningkatkan kinerja bisnis perusahaan dengan menggunakan QSPM, yang hasilnya secara objektif menunjukkan bahwa alternatif strategi penetrasi pasar merupakan strategi alternatif terbaik dan utama yang dapat dilakukan KJPP Rija Husaeni dan Rekan. Strategi penetrasi pasar adalah strategi pertumbuhan yang berfokus pada penjualan produk yang ada di pasar yang ada.

References


Adiputra, I. P., & Mandala, K. (2017). Kapabilitas terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan pada Pondok Wisata (Villa) di Kota Denpasar-Bali. E-Jurnal Manajemen, 6(11), 6090-6119.

Alipour, M., & Mohammadi, M. H. (2011). The Effect Of Customer Relationship Management (CRM) On Achieving Competitive Advantage Of Manufacturing Tractor. Global Journal of Management and Business Research, XI(V), 27-36.

Bungara, A. A., Rahardja, E., & Sugiarto, J. (2017). Pengaruh Kapabilitas Organisasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Dalam Hal Cita Rasa) Serta Implikasi Pada Kinerja Bisnis Warung Makan Di Kota Semarang. Jurnal-ARTSSWINDA. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/58567/1/JURNAL-ARTSSWINDA-versi_bahasa.pdf

Chadhiq, U. (2011). Customer Relationsip Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).

David, F. R. (2011). Manajemen Strategis (Jilid 1) (12th Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Febriatmoko, B., & Raharjo, S. (2015). Meningkatkan Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing Kuliner Khas Semarang (Studi Pada Sentra Usaha MikroLumpia, Bandeng Presto dan Wingko di Kota Semarang). 2nd Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). 2, pp. 140-144. Semarang: UNISSULA.

Garcia-Perez-de-Lema, D., Alfaro-Cortés, E., Manzaneque, M., & Banegas, R. (2012). Strategy, Competitive Factors and Performance in Small and Médium Enterprise. African Journal of Business Management, 6(26), 7714-7726. doi:10.5897/AJBM11.1746

Han, J. K., Kim, N., & Srivastava, R. K. (1998). Market Orientation and Organizational Performance: Is Innovation a Missing Link? Journal of Marketing, 62(4), 40-45. doi:10.2307/1252285

Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK, 5(2), 291-296. doi:10.33480/jitk.v5i2.614

Iskandar, I., Putri, Y., Sani, M., Hamidah, S., & & Irawan, R. (2018). Kinerja pemasaran pada UKM mebel di Kabupaten Kuningan. Jurnal Equilibrium, 15(Januari-Juni), 64-74.

JDIH BPK. (2011). Appraisal: Penilaian Aset. SIE Infokum Binbangkum. Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Retrieved from https://jdih.bpk.go.id/wp-content/uploads/2011/03/PenilaianAset.pdf

Joung, H.-W., Goh, B. K., Huffman, L., Yuan, J. J., & Surles, J. (2015). Investigating Relationships Between Internal Marketing Practices and Employee Organizational Commitment in The Foodservice Industry." International Journal of Contemporary Hospitality Management. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(7), 1618-1640. doi:10.1108/IJCHM-05-2014-0269

Kaptein, M. C., Nass, C., & Markopoulos, P. (2010). Powerful and Consistent Analysis of Likert-Type Rating Scales. In E. Mynatt (Ed.), CHI '10: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 2391–2394). Atlanta Georgia USA: SIGCHI. doi:10.1145/1753326.1753686

Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2014). Marketing Management (14th Ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. Retrieved from https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Limakrisna, N., Sudarso, A., & Daryus, C. (2015). Entrepreneurship Orientation for Building Business Performance: An Empirical Study Distro Small Medium Enterprises Bandung City. 2nd AFAP International Conference on Entrepreneurship And Business Management (AICEBM 2015). 5, pp. 144-149. Kuala Lumpur: Universiti Teknologi Malaysia.

Liu, H., Hou, J., Yang, P., & Ding, X.-h. (2011). Entrepreneurial Orientation, Organizational Capability, and Competitive Advantage in Emerging Economies: Evidence From China. African Journal of Business Management, 5(10), 3891-3901. doi:10.5897/AJBM10.1080

MAPPI. (2020). Retrieved from MAPPI | Masyarakat Profesi Penilai Indonesia: https://mappi.or.id/

Mulyana, & Sutapa. (2014). Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(3), 304-321. doi:10.12695/jmt.2014.13.3.5

OJK RI. (2019). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan RI Nomor 40/POJK.03/2019 Tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum tanggal 19 Desember 2019. Jakarta.

PMK RI. (2014). Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 101/PMK.01/2014 tanggal 2 Juni 2014 tentang Penilai Publik, perubahan PMK Nomor 56/PMK.01/2017 dan perubahan Nomor 228 /PMK.01/2019 Tentang Penilai Publik tanggal 31 Desember 2019. Jakarta.

PMK RI. (2016). Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 57/PMK.06/2016 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Sewa Barang Milik Negara tanggal 8 April 2016. Jakarta.

Rita. (2019). Competitive Advantage. Retrieved 2020, from BINUS Business School: https://bbs.binus.ac.id/gbm/2019/02/26/competitive-advantage/

Sani, A., Pusparini, N. N., Rizal, R., Khristiana, Y., Zailani, A. U., & Husain, T. (2020). E-Business Adoption Models in Organizational Contexts on The TAM Extended Model: A Preliminary Assessment. 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM 2020). Pangkalpinang: UIN Syarif Hidayatullah. Retrieved from https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9268869/

Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Sani, A., Wiliani, N., Budiyantara, A., & Pusparini, N. N. (2020). Pengembangan Model Adopsi Teknologi Informasi terhadap Model Penerimaan Teknologi diantara UMKM. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 151-158. doi:10.33480/jitk.v5i2.1055

Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36. doi:10.31943/teknokom.v4i1.59

Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan (1 ed.). Sleman: Deepublish (CV Budi Utama).

Sarwani, & Husain, T. (2021). The Firm's Value Empirical Models in Automotive and Components Subsectors Enterprises: Evidence from Developing Economy. Journal of Governance and Regulation, 10(1), 83-95. doi:10.22495/jgrv10i1art9

Satwika, N. P., & Dewi, N. K. (2018). Satwika, N. K. P. dan Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1481-1509. doi:10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Tibon, M. V. (2015). The Influence of Organizational Capabilities on Environmental Strategies in The Restaurant Sector: SME Experience. International Journal of Entrepreneurship, 18, 113-128.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wajdi, F., & Arsjah, R. J. (2019). The Influence of Organizational Capabilities, Strategic Management Accounting on Organizational Performance Mediated by Competitive Advantage in Companies in Indonesia. Research Journal of Finance and Accounting, 10(22), 141-151. doi:10.7176/RJFA/10-22-17

Zailani, A. U., Husain, T., & Budiyantara, A. (2020). Analisis Simulasi Sistem Penunjang Keputusan: Model Matematis Dengan Pendekatan Goodness-of Fit Berbasis Structural Equation Model. SMARTICS Journal, 6(1), 10-16. doi:10.21067/smartics.v6i1.4157




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: