PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UKM BATIK SOLO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian batik di UKM Solo dan menggunakan sebagian dari populasi Batik di UKM Solo di kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling sebesar 9 persen dari total populasi, sehingga besar sampel adalah 100 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian Batik di UKM Solo; distribusi dan promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji R2 (koefisien determinasi) menunjukkan bahwa variabel Produk, Harga, Distribusi dan Promosi dapat menjelaskan 49,8 persen terhadap variabel Keputusan Pembelian. Sisanya 50,2 persen dijelaskan oleh variabel lain.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul‐Muhmin, A. G. (2002). Effects of Suppliers’ Marketing Program Variables on Industrial Buyers’ Relationship Satisfaction and Commitment. Journal of Business and Industrial Marketing, 17(7), 637-651. doi:10.1108/08858620210451136
Agustiono, A., Militina, T., & Rahmawati, I. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Spare Part Undercarriage Komatsu di PT United Tractors Tbk Loa Janan, Samarinda. Ekonomia, 5(3).
Asraf. (2016). Studi Relationship Quality Pada Bank Nagari Cabang Simpang Empat Pasaman Barat. 4(1), 23-31. doi:10.31846/jae.v4i1.145
Dharmesta. (2007). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.
Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469. doi:10.1108/09590550210445335
Fajri, D. A., Arifin, Z., & Wilopo. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menabung (Survei Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (Cetakan 1). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 5(2), 291-296. doi: 10.33480/jitk.v5i2.614
Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory factor analysis: Model testing of financial ratio's with decision support systems approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp115-121
Kaptein, M. C., Nass, C., & Markopoulos, P. (2010). Powerful and consistent analysis of likert-type rating scales. In E. Mynatt (Ed.), CHI '10: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 2391–2394). Atlanta Georgia USA: SIGCHI. doi: 10.1145/1753326.1753686
Kotler, P., & Keller, K. (2014). Marketing Management (15 Ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kristiawan, T. A., & Keni. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal. DeReMa (Development of Research Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 244-256. doi:10.19166/derema.v15i2.2445
Laja, P. (2019). Purchase Decisions: 9 Things to Know About Influencing Customers. Retrieved Juni 2021, from CXL: https://cxl.com/blog/9-things-to-know-about-influencing-purchasing-decisions/
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta: UI Press.
MaRS. The marketing mix in marketing strategy: Product, price, place and promotion. (MaRS Discovery District) Dipetik June 2021, dari https://learn.marsdd.com/article/the-marketing-mix-in-marketing-strategy-product-price-place-and-promotion/
Nikmah, F., Hasan, H., & Mardika, E. P. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Khazanah Ilmu Berazam, 1(2), 1-6.
Oktavita, R., Suharyono, & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa yang Mengkonsumsi Teh Botol Sosro Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Putranto, A. T. (2020). The Effect of Price towards Consumer Satisfaction at the Driving School in CV Tulus Jaya (Head Office). European Exploratory Scientific Journal, 4(2), 13-24.
Rahayu, L. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121-131.
Sani, A., Budiyantara, A., Haryanto, T., Wiliani, N., Manaf, K., & Firmansyah, E. (2020). Influences of the Environmental Context on the Acceptance and Adoption Technology among SMEs in Indonesia. Test Engineering & Management, 83, 22283-22293.
Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36. doi:10.31943/teknokom.v4i1.59
Saragih, H., & Husain, T. (2012, November). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.
Sarwani, S., & Husain, T. (2021). The Firm's Value Empirical Models in Automotive and Components Subsectors Enterprises: Evidence from Developing Economy. Journal of Governance and Regulation, 10(1), 83-95. doi:10.22495/jgrv10i1art9
Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 1-15. doi:10.21067/jem.v13i1.1567
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Supranto, J., & Limakrisna, N. (2019). Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi (5 Ed.). Bogor: Penerbit Mitra Wacana Media.
Supriyanto, E., & Irawati, Z. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membeli Sepeda Motor Di Budi Agung Motor Karanganyar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Management. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yuliza, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Avanza di Kabupaten Pasaman Barat. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(3), 149-154. doi:10.31846/jae.v5i3.132
DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i1.438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: