ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN STRATEGI E-MARKETING PADA UMKM SAAT PANDEMI COVID-19 NEW NORMAL DI KARAWANG JAWA BARAT (Studi Kasus Pada Beras Puri Karawang)

Rohma Septiawati, Fista Apriani Sujaya, Febrina Alisa Dewi, Reza Mega Ariyani

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang secara konsisten berkembang dalam perekonomian nasional. Pandemi Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 menjadi perhatian sektor industri UMKM. Penelitian ini menganalisis Sistem Informasi Akuntansi dan Strategi e-Marketing pada UMKM Beras Puri Karawang pada masa pandemi Covid-19 New Normal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini meliputi transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, dan triangulasi. UMKM beras Puri Karawang belum sepenuhnya menggunakan pencatatan laporan keuangan dengan menggunakan sistem informasi akuntansi; untuk data ekonomi masih menggunakan aplikasi excel dan pembukuan manual sederhana dalam pembuatan laporan keuangan; (2) Pemasaran beras Puri Karawang membutuhkan E-Marketing; dan (3) Biaya produksi masih tinggi. Para pelaku UKM beras Puri Karawang sebaiknya mengadopsi sistem informasi akuntansi (SIA) untuk peningkatan bisnis yang terkomputerisasi atau dapat menggunakan berbagai aplikasi sistem informasi akuntansi. UMKM perlu mengadopsi E-Marketing untuk memperluas jangkauan pangsa pasarnya lebih jauh dan meninjau perbandingan biaya produksi yang masih tinggi dalam proses penggilingan, ke beberapa tempat, atau membeli mesin jika keuangan perusahaan telah terpenuhi.

References


Aisyah, M., Asraf, & Erdawati. (2015). Analisis Perilaku Masyarakat UMKM Pasaman Barat terhadap Pemanfaatan Kredit Program. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(3), 140-155. doi:10.31846/jae.v3i3.169

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14. doi:10.35905/balanca.v2i1.1342

Chaffey, D., Smith, P., & Smith. (2013). Emarketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing (4 ed.). London: Routledge. doi:10.4324/9780203082812

Dewi, Y. A., Nasfi, & Yuliza, M. (2021). Internal Control System, Utilization Of Accounting Information Technology, On Village Fund Management Accountability. International Journal of Economics, Business, and Accounting Research (IJEBAR), 5(1), 190-203.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98. doi:10.37859/jae.v10i1.1934

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 Bagi UMKM Di Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110-116. doi:10.32493/j.pdl.v3i2.8798

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Imbayani, I. A., & Endiana, I. M. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja UMKM Pengrajin Genteng di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmu Manajemen (JUIMA), 6(1), 1-11.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing (19th Ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Retrieved from http://lppm.univetbantara.ac.id/data/materi/Buku.pdf

Nurharista, R. A., Sherine, & Ralita, U. (2020). Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru. Jurnal Universitas Tanjungpura, 174–182.

Otinur, F., Pangemanan, S. S., & Waronga, J. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Pada Toko Campladean Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(01), 169-179. doi:10.32400/gc.12.01.17202.2017

Retnaningsih, C., R., B. B., & Ruenda, O. (2020). Adaptasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bandeng Presto Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal ke-8 “Komoditas Sumber Pangan untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Era Pandemi Covid-19“ (pp. 1099–1107). Palembang: Penerbit & Percetakan Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Sani, A., Budiyantara, A., Haryanto, T., Wiliani, N., Manaf, K., & Firmansyah, E. (2020, May-June). Influences of the Environmental Context on the Acceptance and Adoption Technology among SMEs in Indonesia. Test Engineering & Management, 83, 22283-22293.

Sani, A., Pusparini, N. N., Rizal, R., Khristiana, Y., Zailani, A. U., & Husain, T. (2020). E-Business Adoption Models in Organizational Contexts on The TAM Extended Model: A Preliminary Assessment. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-5). Pangkalpinang: UIN Syarif Hidayatullah. doi:10.1109/CITSM50537.2020.9268869

Sani, A., Subiyakto, A., & Rahman, T. K. (2019). Integration of the Technology Readiness and Adoption Models for Assessing IT Use among SMEs in Indonesia. International Conference on Recent Innovations in Informatics and Information Systems (ICRIIIS) 2018. Jakarta, Indonesia: Jakarta Hall Convention Center.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017: Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017. 1, pp. 343-347. Semarang: Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra.

Silvatika, B. A. (2020). Technosociopreneur, New Model UMKM di Era New Normal. Prosiding Seminar STIAMI. 7, pp. 29-35. Jakarta: Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI.

Syafrinaldi, & Yuliza, M. (2013). Analisa Strategi Pengembangan Usaha Guna Meningkatkan Keuntungan Pada Unit Simpan Pinjam KUD Dastra Kinali Dengan Menggunakan Portofolio BCG (Boston Consulting Group). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 1(1), 1-8. doi:10.31846/jae.v1i1.35

Utama, A. A., & Millati, I. (2016). Desain Marketing Information Systems Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Taman Sari Kabupaten Banyuwangi. UNEJ e-Proceeding (pp. 863–878). Jawa Timur: Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

UU RI. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: