PENGARUH GAYA HIDUP DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE

Mutiara Agnes Talia, Reminta Lumban Batu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Gaya Hidup dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone di Karawang. Populasi yang digunakan di penelitian ini adalah pengguna iPhone di Karawang. Dengan sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data digunakan menggunakan teknik kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji signifikansi pengaruh simultan dengan uji F, gaya hidup dan atribut produk secara bersama-sama atau simultan, berpengaruh signifikan (secara statistika) terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji pengaruh parsial dengan uji t, diketahui seluruh variabel bebas, yakni variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian dipengaruhi koefisien regresi 0.630 dan t hitung 4.733 > 1.98580 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian dipengaruh koefisien regresi 0.656 dan t hitung 5.056 > 1.98580 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 jadi dapat disimpulkan bahwa atribut produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian IPhone. Berdasarkan uji F gaya hidup dan atribut produk terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada pengguna iPhone di Karawang yang dapat dilihat dari nilai F sebesar 67.1412 > sebesar (3.09) nilai F hitung > F table atau 67.141 > 3.09 dengan tingkat signifikansi sebesar  0.000 < 0.05.

 Kata Kunci: Gaya Hidup, Atribut Produk, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of Lifestyle and Product Attributes on iPhone Smartphone Purchase Decisions in Karawang. The population used in this study were iPhone users in Karawang. With a sample of 96 respondents. Data collection was used using a questionnaire technique. Based on the results of the study, the results of the significance test of the simultaneous effect with the F test, lifestyle and product attributes together or simultaneously, have a significant (statistically) effect on purchasing decisions. Based on the results of the partial effect test with t test, it is known that all independent variables, namely lifestyle variables on purchasing decisions are influenced by regression coefficient 0.630 and t count 4.733 > 1.98580 with a significance value of 0.000 < 0.05. the influence of lifestyle on purchasing decisions is influenced by a regression coefficient of 0.656 and t count 5.056 > 1.98580 with a significance value of 0.00 < 0.05 so it can be concluded that product attributes have a significant effect on iPhone purchasing decisions. Based on the F test of lifestyle and product attributes on purchasing decisions, jointly a positive and significant effect on purchasing decisions for iPhone brand smartphones on iPhone users in Karawang which can be seen from the F value of 67.1412 > (3.09) F arithmetic value > F table or 67,141 > 3.09 with a significance level of 0.000 < 0.05.

Keywords: Lifestyle, Product Attributes, Purchase Decisions

Full Text:

PDF

References


Nazah, Inna Sifatun, Tuti Hartati, and Ernita Siambaton. 2017. “PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE.” Epigram. doi: 10.32722/epi.v14i1.958.

Padmantyo, Sri, and Lilis Tri Handayani. 2017. “Pengaruh Atribut Produk, Gaya Hidup, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putra, Febri Anggara. 2019. “PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPhone (Studi Pada Konsumen IPhone Di Universitas Brawijaya).” Journal of Chemical Information and Modeling.

Serdar, Didem. 2019. “PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE.” Sustainability (Switzerland).

Setyanto, LE, Z. Arifin, S. Sunarti- Jurnal, and Undefined 2017. 2017. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple IPhone Pada Mahasiswa/Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi.” Administrasibisnis.Studentjournal.Ub ….




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: