PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO PADA XLN STORE DI MEDAN. (THE EFFECT OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON THE PURCHASE DECISION OF VIVO SMARTPHONE AT XLN STORE IN MEDAN)

Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting, Andreas Sihar M. Sitorus, Sabas Manalu

Abstract


Abstrak

Di Negara Indonesia terdapat beberapa merek smartphone sudah dikenal masyarakat. Salah satunya smartphone VIVO sebuahperusahaanelektronika asal Dongguan, Guangdong, Tiongkok.Perusahaanini adalah anak dari BBK Electronics. Dikomandoi oleh Shen Wei, Berdiri pada tanggal 18 September 1995. Citra Merek adalah sekumpulan asosiasi suatu merek yang tersimpan dalam ingatan konsumen. Kualitas Produk adalah kemampuan suatu produk untuk melakukan fungsi-fungsinya meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan, operasi, perbaikan dan lainnya. Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian smartphone VIVO. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sampel yang digunakan sebanyak 97 sampel konsumen yang membeli Smartphone VIVO pada XLN Store Di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Implikasi penelitian Koefisien korelasi sebesar 0,895 menunjukkan adanya korelasi sangat kuat antara Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2) dan Harga (X3) secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y) smartphone VIVO, dengan arah positif.

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

In Indonesia, there are several smartphone brands that are well known to the public. One of them is the VIVO smartphone, an electronics company from Dongguan, Guangdong, China. This company is a subsidiary of BBK Electronics. Commanded by Shen Wei, Established on September 18, 1995. Brand Image is a collection of associations of a brand that is stored in the memory of consumers. Product quality is the ability of a product to perform its functions including durability, reliability, accuracy, convenience, operation, repair and others. Price is an exchange rate that can be equated with money or other goods for the benefits obtained from an item or service. This study aims to determine the effect of Brand Image, Product Quality, and Price partially or simultaneously on VIVO smartphone purchasing decisions. This type of research is field research (field research). The samples used were 97 samples of consumers who bought VIVO Smartphones at the XLN Store in Medan. The sampling technique used the Slovin formula. Collecting data using a questionnaire. Research implications The correlation coefficient of 0.895 indicates a very strong correlation between Brand Image (X1), Product Quality (X2) and Price (X3) simultaneously on the Purchase Decision (Y) of the VIVO smartphone, in a positive direction.

Keywords: Brand Image, Product Quality, Price, Purchase Decision.


References


BIBLIOGRAPHY

Daftar Pustaka

Akkay Saputro, Indra Rahady.,& Satrio, B. (2017). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, diakses 6 Juni 2021. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(12).

Antonius, I., & Suharto, S. (2014). Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2).

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro, & S. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE UGM.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid I (Edisi 9). PT. Prenhallindo.

Lee, M., & Johnson, C. (2017). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

Nasution. (2011). Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia, Indonesia.

Sangadji, E. M., & S. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Saputra, S. T., Hidayat, K., & S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6), 88.

Stanton, J. W., & Lamarto, Y. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, G. W. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4.). Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuni, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto). Purwokerto: IAIN Purwokerto. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-Jurnal Apresiasi Ekonnomi Indexed by: